PENGERTIAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT
Total Quality Management berasal dari tiga kata yaitu total,
quality, dan management. Kata total
dalam bahasa Indonesianya disebut juga dengan keseluruhan. Dan kata total dalam Total Quality Management menegaskan bahwa setiap orang yang
berada dalam organisasi harus terlibat dalam upaya peningkatan secara terus
menerus. Kata quality dalam arti total quality management adalah kualitas
suatu barang untuk menjadikan daya saing yang lebih kuat. Kata management merupakan konsep awal dari TQM itu sendiri. Ada banyak definisi
manajemen yang telah dikemukakan oleh para pakar. Secara etimologis, kata
manajemen berasal dari bahasa Inggris management yang berarti
ketatalaksanaan, tata pimpinan, dan pengelolaan.
TQM adalah sebuah kultur yang menganjurkan komimen total
terhadap kepuasan konsumen melalui perbaikan secara terus menerus dan inovasi
dalam semua aspek bisnis.[1]
N. Lgothetitis (1992) dalam bukunya yang berjudul “Managing For Total
Quality: From Deming To Toaguchi” menyatakan bahwa produk yang berkualitas
tinggi dan pelayanan yang dikaitkan dengan kepuasan konsumen adalah kunci utama
bagi sebuah perusahaan agar bisa mempertahankan diri dari persaingan yang
terjadi pada dewasa ini.[2]
Menurut Tjiptono, Total Quality
Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang
mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus
menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya.
Pengertian lain dikemukakan oleh Drs. M.N. Nasution, M.S.c., A.P.U.
mengatakan bahwa Total Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam
menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi
melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses, dan
lingkungannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar