Jumat, 04 Oktober 2013

pengertian total quality management (TQM)


           PENGERTIAN  TOTAL QUALITY MANAGEMENT

Total Quality Management berasal dari tiga kata yaitu total, quality, dan management.            Kata total dalam bahasa Indonesianya disebut juga dengan keseluruhan. Dan kata total dalam Total Quality Management menegaskan bahwa setiap orang yang berada dalam organisasi harus terlibat dalam upaya peningkatan secara terus menerus. Kata quality dalam arti total quality management adalah kualitas suatu barang untuk menjadikan daya saing yang lebih kuat. Kata management merupakan konsep awal dari TQM itu sendiri. Ada banyak definisi manajemen yang telah dikemukakan oleh para pakar. Secara etimologis, kata manajemen berasal dari bahasa Inggris management yang berarti ketatalaksanaan, tata pimpinan, dan pengelolaan.
TQM adalah sebuah kultur yang menganjurkan komimen total terhadap kepuasan konsumen melalui perbaikan secara terus menerus dan inovasi dalam semua aspek bisnis.[1]
N. Lgothetitis (1992) dalam bukunya yang berjudul “Managing For Total Quality: From Deming To Toaguchi” menyatakan bahwa produk yang berkualitas tinggi dan pelayanan yang dikaitkan dengan kepuasan konsumen adalah kunci utama bagi sebuah perusahaan agar bisa mempertahankan diri dari persaingan yang terjadi pada dewasa ini.[2]
Menurut Tjiptono, Total Quality Management (TQM) merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya.
Pengertian lain dikemukakan oleh Drs. M.N. Nasution, M.S.c., A.P.U. mengatakan bahwa Total Quality Management merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, tenaga kerja, proses, dan lingkungannya.


[1] Hadriyanus Suharyanto, Agus Heruanto Hadna Manajemen Sumber Daya Manusia (Yogyakarta: Media Wacana,2005)
[2] Ibid.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar