Rabu, 17 September 2014

pengertian perilaku individu dalam organisasi



Perilaku Individu Dalam Organisasi


Perilaku individu adalah sebagai suatu fungsi dari interaksi antara individu dengan individu lainnya atau individu dengan lingkungannya, dan perilaku setiap individu itu sangat berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dilihat dari sifatnya, perbedaan perilaku manusia itu disebabkan karena kemampuan, kebutuhan, cara berpikir untuk menentukan pilihan perilaku berbeda satu sama lain. 
 Jadi perilaku setiap individu itu pasti berbeda beda sehingga dalam satu organisasi pasti akan di pengaruhi oleh setip individu yang ada didalamnya. maka dari sini jika dalam satu organisasi tidak memiliki satu visi dan misi yang sama, maka organisasi yang ada tidak akan efektif, karena organisasi akan efektif jika setiap individu yang ada dalam satu kelompok yang membentuk organisasi tidak mementingkan tujuan mereka masing masing. Jika mereka saling memahami satu dengan yang lain maka akan terbentuklah organisasi yang efektif.
Perilaku individu dalam organisasi adalah bentuk interaksi antara karakteristik individu dengan karakteristik organisasi. Setiap individu dalam organisasi akan berperilaku berbeda satu sama lain.  Dan Organisasi juga merupakan suatu lingkungan yang mempunyai karakteristik seperti keteraturan yang diwujudkan dalam susunan hirarki, pekerjaan, tugas, wewenang, tanggung jawab.
Perilaku individu umumnya didorong olleh serangkaian kebutuhan, yaitu beberapa pernyataan dalam diri seseorang yang menyebabkan seseorang itu berbuat untuk mencapainya sebagai objek atau hasil. Sebagaimana teori kebutuhan dari abraham maslonw yang menjelaskan 5 tingkatan yang menjadi kebutuhan manusia. Ketika satu tingkat kebutuhan telah terpenuhi, maka akan beranjak untuk memenuhi kebutuhan pada tingkat selanjutnya atau berganti dengan kebutuhan yang lain. Kebutuhan yang sekarang mendorong seseorang, mungkin akan merupakan suatu hal yang potensial dan juga mungkin tidak, untuk menentukan perilakunya di kemudian hari.

Perilaku Individu dalam organisasi antara lain : 

a. Produktivitas kerja
b. Kepribadian
c. Sikap
d. Tingkat absensi
e. Proses belajar
f. Pembelajaran
g. Persepsi
h. Kepuasan kerja

4 komentar:

  1. Referensi bukunya boleh minta?

    BalasHapus
  2. Easy "water hack" burns 2 lbs OVERNIGHT

    At least 160 000 women and men are using a simple and SECRET "water hack" to burn 2 lbs each night in their sleep.

    It is simple and works every time.

    This is how you can do it yourself:

    1) Go get a drinking glass and fill it up with water half full

    2) Proceed to learn this amazing hack

    and you'll become 2 lbs skinnier the very next day!

    BalasHapus