Minggu, 20 Oktober 2013

pengertian uang, pengertian uang dalam islam


 UANG
Pengertian uang


Menurut kasmir uang adalah sesuatu yang dapat diterima secara umum sebagai alat dalam pembayaran pada suatu wilayah tertentu atau sebagai alat pembayaran utang ataupun digunakan sebagai alat untuk membeli suatu barang.
Adapun menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia uang adalah alat penukar atau standar pengukur nilai yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara berupa kertas, emas, perak atau logam lainnya yang dicetak dengan gambar tertentu.
Dalam fiqih Islam uang adalah sebagai alat tukar atau transaksi dan pengukur nilai barang dan jasa untuk memperlancar transaksi perrekonomian.
Pada awalnya uang terbuat dari bahan yang tahan lama dan bernilai yaitu emas dan perak. Dan pada abad ke 20 A.S melalui bank sentralnya mulai mengambil alih membuat uang kertas tanpa berdasarkan pada standar nilai emas. Dan untuk menjaga nilai uang kertas otoritas moneter membuat kebijakan dengan menggunakan tingkat bunga. Sistem moneter dengan uang kertas yang ditetapkan pemerintah sebagai legal tender dan tidak didukung oleh komoditas apapun disebut fiat money.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar